Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Naskah Ceramah | Dakwah Singkat Tema Ikhlas

Tema dakwah singkat tentang "ikhlas dalam beramal" mengajak kita untuk menjalankan segala amal perbuatan dengan tulus ikhlas semata-mata karena Allah SWT, tanpa ada campur tangan motif atau keinginan duniawi. Berikut adalah contoh dakwah singkat mengenai tema tersebut:

Contoh Naskah Ceramah | Dakwah Singkat Tema Ikhlas Dalam Beramal Part I

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu’alaikum wr. wb.

Hadirin rahomakumullah,

Ikhlas adalah perasaan di dalam hati yang tulus dan tidak mengharapkan imbalan apapun dari orang lain. Dalam melakukan segala amal dan perbuatan, hal paling utama yang harus ada adalah perasaan ikhlas di dalam hati. Rasulullah saw. Bersabda “ikhlas itu adalah ruhnya segala amal perbuatan”. Jadi, apabila kita melakukan perbuatan dengan didasari rasa ikhlas , maka insya allah kita akan memetik hasilnya di alam akhirat nanti, namun apabila sebaliknya kita melakukan amal perbuatan atau suatu pekerjaan tanpa didasari dengan rasa ikhlas, maka tiada lain nilainya hasil pekerjaan itu adalah nol atau tidak mendapat balasan sedikitpun dari allah swt.

Pasha, seorang vocalis band ungu telah bernyanyi dalam albumnya

“sesungguhnya, manusia tak kan bisa meniknati surga

 Tanpa ikhlas di hatinya

sesungguhnya, manusia tak kan bias menyentuh nikmatnya

tanpa tulus di hatinya”

Udah lah nyanyi nya , takut hadirin terlena. Hehe

Dari untaian syair tersebut, sudah jelas bahwa kita, manusia, tidak akan bias menikmati indahnya surga tanpa ada rasa ikhlas di dalam hatinya ketika mengerjakan suatu pekerjaan.

Bila kita melakukan amal atau pekerjaan tanpa didasari dengan rasa ikhlas di dalam hati kita maka kita tidak akan mendapatkan pahala sedikitpun dari allah swt. Dan apabila kita tidak mendapatkan pahala dari allah, maka otomatis kita tidak akan bisa menyentuh dan merasakan nikmatnya surga.

“sesungguhnya manusia tak kan bisa menyentuh nikmatnya tanpa tulus di hatinya”

Jelaslah, apabila kita melakukan pekerjaan tanpa didasari dengan rasa tulus di dalam hati, maka kita tidak akan menyentuh nikmat allah swt. Yaitu nikmatnya surga.

Jadi inti dari perkataan-perkataan saya tadi yaitu kita harus ikhlas dalam mengerjakan amal apapun, karena ikhlas merupakan kunci diterimanya segala amal dan perbuatan yang kita lakukan.

Hadirin yang terhormat,

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan pada saat ini, semoga ada manfaatnya bagi saya khususnya, umumnya bagi semuanya yang mendengarkan. Dan saya mohon maaf yang sebesar besarnya apabila ada kesalahan dan kekurangan di dalam ucapan. Billahi taufik wal hidayah, wassalamu’alaikum wr.wb.

Baca Juga Contoh Naskah Ceramah | Dakwah Singkat dari berbagai tema lainnya di bawah ini 

Contoh Naskah Ceramah | Dakwah Singkat Tema Ikhlas Dalam Beramal Part II

Dakwah Singkat Tema: "Ikhlas Dalam Beramal"

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Saudaraku yang dirahmati Allah,

Hari ini, mari kita merenungkan tentang sebuah nilai penting dalam beribadah, yaitu ikhlas dalam beramal. Ikhlas merupakan inti dari setiap amalan kita, karena itulah yang membuat ibadah kita diterima di sisi Allah SWT.

Allah berfirman dalam Al-Quran (QS Az-Zumar, 39:11-12):

قُلْ إِنِّي أُمِرْتُ أَنْ أَعْبُدَ اللَّهَ مُخْلِصًا لَّهُ الدِّينَ

"Katakanlah, 'Sesungguhnya aku diperintahkan supaya menyembah Allah dengan mengikhlaskan ketaatan dalam beragama.'"

Ikhlas berarti menjalankan segala amal perbuatan hanya untuk mencari ridha Allah semata, tanpa mencari pujian atau pengakuan dari orang lain. Ketika kita ikhlas, kita beramal karena Allah yang melihat, bukan karena manusia yang menilai.

Namun, tulus ikhlas bukanlah perkara mudah. Terkadang, hati kita dirundung oleh berbagai niat yang menyimpang, seperti ingin dipuji, ingin dianggap baik, atau ingin mendapatkan manfaat duniawi. Oleh karena itu, marilah kita berusaha untuk selalu memperbaiki niat kita.

Rasulullah SAW bersabda:

إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى

"Sesungguhnya amal perbuatan itu tergantung pada niatnya, dan sesungguhnya setiap orang hanya mendapatkan apa yang dia niatkan."

Jadi, sebelum kita beramal, mari introspeksi niat kita. Apakah niat kita murni karena Allah? Jika terdapat kekhawatiran tentang motif yang menyimpang, mari berdoa kepada Allah untuk membersihkan hati dan menguatkan ikhlas dalam diri kita.

Ingatlah, amal yang kecil tapi ikhlas bisa jauh lebih berharga daripada amal yang besar tapi dipenuhi oleh kesombongan dan keinginan duniawi.

Saudaraku, marilah kita tingkatkan kesadaran kita dalam beramal. Kita tidak perlu mencari pujian atau sanjungan dari manusia, karena yang harus kita cari adalah keridhaan Allah. Jadikan ikhlas sebagai kunci setiap langkah ibadah kita, dan insya Allah, Allah akan meridhai setiap usaha kita.

Akhir kata, semoga Allah senantiasa membimbing kita menuju ikhlas dalam beramal sehingga ibadah kita menjadi berkah dan mengantarkan kita ke surga-Nya. Aamiin.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Contoh Naskah Ceramah | Dakwah Singkat Tema Ikhlas Dalam Beramal Part III

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Saudaraku yang dirahmati Allah,

Ikhlas dalam beramal, kunci keberkahan dalam ibadah. Setiap langkah, setiap doa, diniatkan hanya untuk Allah. Bukan karena dipuji, tapi karena cinta dan takwa.

Ingatlah, Allah Maha Mengetahui yang tersembunyi. Kebaikan yang kita sembunyikan akan diberi balasan tanpa putus. Jangan biarkan riya' mengotori amal tulus kita.

Ikhlaslah dalam sedekah, tak perlu riuh pujian. Ikhlaslah dalam ibadah, tak perlu sorotan dunia. Ikhlaslah dalam bantuan, tak perlu dinanti terima kasih.

Beramal ikhlas, tak hanya di waktu mudah. Saat dugaan menghadang, sabar dan ridha takkan tergoyahkan.

Tetaplah istiqamah dalam ikhlas beramal. Ingatlah, Allah Mahapenerima, balasan-Nya takkan tertandingi.

Saudaraku, mulailah dari hati yang bersih. Niatkanlah segala amal hanya karena Allah, dan bahagiakanlah hatimu dengan cinta-Nya.

Jadikan ikhlas sebagai penerang dalam kegelapan. Di hadapan Allah, hanya ikhlaslah yang kekal abadi.

Semoga Allah meridhai ikhlas dalam setiap amal kita. Aamiin.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Bagi Yang Memerlukan Contoh Pidato Untuk Anak Sekolah, Baik untuk anak SD, SMP, SMA maupun SMP Silahkan Kunjungi artikel lainnya dari blog ini. Link Contoh Pidato Anak Sekolah

Post a Comment for "Contoh Naskah Ceramah | Dakwah Singkat Tema Ikhlas"