Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Pidato Tentang Arti Kejujuran

Contoh Teks Pidato Tema Arti Sebuah Kejujuran. Kejujuran yang ada di dalam diri kita, untuk saat ini
sangat sulit untuk dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya :)
Bener gak? :) hehehe
Seberapa Sering kita berbohong? Seberapa jujrkah ucapan yang telah kita ungkapkan?
Mari kita bandingkan? Lebih besar atau lebih sering mana?
Jawabannya ada di dalam hai kita sendiri :)

Berikut adalah contoh pidato dengan tema kejujuran. Sliahkan mengeditnya disesuaikan dengan kebutuhan. Semoga bermanfaat.
Assalamu ‘Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita rahmat, hidayah dan taufik-Nya sehingga kita bisa hadir di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat.
Saudara - saudaraku sekalian yang saya hormati.
Dengan semakin berkembangnya media informasi dan teknologi yang semakin canggih, peran kejujuran merupakan modal yang paling urgen (mendasar). Keakuratan dalam memberikan informasi, berita, data, fakta, dan segala yang terkait dengan pernyataan, sikap dan tindakan, itu tergantung kepada faktor kejujuran.
Saudara - saudaraku sekalian yang saya hormati.
Kejujuran adalah  pijakan hidup. Pijakan dimana kita berusaha untuk berkata sesuai perbuatan dan berbuat sesuai perkataan. Meskipun katakanlah, semua orang itu hipokrit, tak ada satupun manusia di dunia ini yang tidak pernah berbohong, namun berbuat kejujuran adalah suatu usaha yang mengeluarkan kita dari lingkaran setan kebohongan itu.
Saudara - saudaraku sekalian yang saya hormati.
Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dalam sebuah haditsnya yang diriwayatkan dari shahabat Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu:

وَمَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ فَلْيَقُلْ خَيْرًا أَوْ لِيَصْمُتْ

“Barangsiapa yang beriman kepada Allah subhanahu wata’ala dan hari kiamat, hendaklah dia berkata baik atau hendaknya dia diam (bila tidak bisa berkata baik).” (HR. Al Bukhari 6018 dan Muslim 48)

Diantara perkataan yang baik adalah perkataan yang jujur. Bahkan kejujuran itu adalah sumber segala kebaikan.
Saudara - saudaraku sekalian yang saya hormati.
Cobalah perhatikan, bila seseorang berkata atau bertindak jujur, maka orang lain akan merasa dirinya dihormati, diperlakukan adil, tidak dizhalimi atau tidak dikhianati. Sehingga menumbuhkan rasa saling percaya, menambah rajutan ukhuwah (persaudaran), dan mahabbah (kasih sayang). Namun sebaliknya, dari ketidakjujuran akan menyebabkan terjatuh dalam perbuatan zhalim, curang atau berdusta kepada orang lain. Yang berakibat memudarnya sikap saling percaya, bahkan akan timbul kedengkian, permusuhan, dan sikap jelek lainnya.
Demikian pidato singkat dari saya ini, mudah-mudahan pidato singkat yang telah saya sampaikan tadi bermanfaat bagi kita semua. Amin ya Rabbal alamin.
Terimakasih atas perhatiannya, mohon maaf apabila ada kata-kata yang salah maupun kehilafan. Akhirul kalam, uushikum wa nafsii wa-iyyaaya bitaqwallahi.Wassalamualaikum wr.wb.

Baca juga Contoh Pidato yang lainnya

A
B
C
D
E
F
G
H
I
K
L
M
N
O
P
Q
R
S
T
U

1 comment for "Contoh Pidato Tentang Arti Kejujuran"

Contoh - Contoh Teks Pidato Bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Inggris, Caramah | Dakwah Singkat Dengan Berbagai Tema, Silahkan Mengeditnya Sesuai Kebutuhan Kalian. (khususnya Anak Sekolah)
Silahkan di Share bila dianggap berguna.